Blogger templates

banner image

About

Tahapan Produksi Injeksi Plastik Di Jasa Injeksi Plastik Yang Perlu Anda Ketahui

 Setiap barang-barang yang telah dihasilkan dari proses injeksi plastik atau injection molding adalah berupa produk yang memakai bahan material plastik. Hasil produksi injection molding plastik tersebut bisa banyak sekali ditemui di lingkup rumah tangga, hingga perlengkapan industri. Bagaimana proses injeksi plastik pada jasa injection plastik sehingga dapat menghasilkan beraneka ragam barang-barang plastik yang berguna? Simak pembahasan berikut ini.

Tahapan Produksi Injeksi Plastik (Injection Molding)

Di dalam penerapan proses injection molding di jasa injeksi plastik biasanya mempunyai variasi tertentu sesuai jenis serta bentuk dari produk plastiknya yang nanti akan dihasilkan. Namun, secara umum proses kegiatan ini dapat dilakukan mulai dari tahap cetakan terlebih dahulu, apabila sebelumnya sudah melalui proses desain produk.

  • Tahapan Cetakan

Pada jasa pembuatan plastic injeksi, untuk memulai proses injection molding, cetakan akan diposisikan dan diatur sesuai kebutuhan. Harus dipastikan bahwa nantinya produk plastik tersebut dapat dikeluarkan/diambil dari cetakan dengan mudah.

  • Melelehkan Bahan Plastik

Misalnya menggunakan termoplastik polimer, maka termoplastik dalam bentuk butiran/bubuk tersebut ditampung terlebih dahulu dalam hopper. Lalu akan turun ke barrel secara otomatis (karena gravitasi) dimana kemudian ia dilelehkan oleh pemanas yang ada di dinding barrel serta oleh gesekan dari perputaran sekrup injeksi.

  • Tahap Pengisian (Fill Injection)

Setelah itu proses selanjutnya adalah tahap pengisian. Plastik yang telah meleleh kemudian akan diinjeksi dengan menggunakan sekrup injeksi (yang mana juga berfungsi sebagai plunger).

  • Tahap Isi Ulang dan Pendinginan (Charging and Cooling)

Pada proses charging, plastik cair akan diberi suntikan terhadap siklus bersamaan dengan tahapan pendinginan (cooling) cetakan plastik. Pada proses pendinginan produk, dilakukan secara bersamaan di bagian barrel dengan terjadinya proses pelelehan plastik. Sehingga ketika produk telah dikeluarkan dari cetakan tersebut dan cetakannya menutup, plastik leleh tersebut bisa segera diinjeksikan.

  • Tahap Membuka Cetakan (Mold Open)

Produk yang tadinya dilelehkan kemudian sudah dingin dan mengeras akan dikeluarkan dari cetakan. Proses mengeluarkannya dari cetakan cenderung mudah karena menggunakan alat berupa pendorong hidraulik.

Penerapan Injection Molding di Dunia Industri

Ada banyak sekali contoh barang dari hasil proses injection molding jasa injeksi plastik. Beberapa contoh barang-barang injection molding tersebut di dunia industri adalah misalnya tempat makan dan minum berbahan non BPA, termasuk tutup botol, kotak makan, dll. Selain itu, juga diaplikasikan dalam dunia medis, di beberapa peralatan yang terbuat dari plastik injeksi, dan masih banyak lagi.

Mungkin terkadang kita tidak menyadari bahwa barang-barang yang sering dipakai sehari-hari pembuatannya diproses dengan teknologi injeksi molding. Berbagai jasa injeksi molding misalnya jasa injection plastik Tangerang sebelum membuat produk dari injeksi molding sesuai kebutuhan konsumen, tentu telah melakukan berbagai pertimbangan terlebih dahulu. Pastikan Anda memilih jasa injeksi molding yang tepat.

Tags: plastik injeksi, plastik, molding, produksi plastik

Tahapan Produksi Injeksi Plastik Di Jasa Injeksi Plastik Yang Perlu Anda Ketahui Tahapan Produksi Injeksi Plastik Di Jasa Injeksi Plastik Yang Perlu Anda Ketahui Reviewed by plasa busana on Maret 03, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.