Blogger templates

banner image

About

6 TIPS MERAWAT BAJU BATIK


http://www.plasabusana.com




Sista, apakah Anda memiliki batik (cap, tulis), tetapi tidak tahu cara merawatnya? Informasi ini akan membantu kamu. 6 tips merawat batik tulis menurut William Kwan HL, peneliti batik dari Perkumpulan Nurani Budaya Indonesia. Tentunya tips ini juga bisa diaplikasikan pada baju batik cap. Ini dia caranya:
  1. Simpan batik tulis ataupun pakaian berbahan batik di tempat yang lembab, dan terhindar dari cahaya matahari langsung.
  2. Kain batik dibungkus dengan kertas pembungkus kimono atau kertas yang tidak bersifat asam. Simpan bersama wangi-wangian yang dapat mengusir ngengat perusak kain. Contohnya akar-akaran alami atau biji merica. Hindari pemakaian zat kimia seperti kapur barus, sebab bisa merusak warna.
  3. Agar tidak lembab, sekitar dua minggu sekali, kain batik diangin-anginkan dengan dijemur selama 10-15 menit pada pagi hari.
  4. Kain batik dicuci menggunakan tangan, dengan sabun cuci yang tidak keras. Kamu bisa menggunakan lerak, sampo, sabun bayi, atau dry clean.
  5. Setelah mencuci batik, keringkan dengan cara diangin-anginkan. Jangan Terkena matahari langsung.
  6. Usahakan tidak menyetrika batik. Jika ingin menyetrika, gunakan pelapis di atas kain batik, sehingga tidak terkena panas secara langsung. Kamu juga bisa menggunakan setrika uap yang tidak terlalu panas.


::.................. Semoga bermanfaat untuk Anda semua ya Sista :) ...................::
6 TIPS MERAWAT BAJU BATIK 6 TIPS MERAWAT BAJU BATIK Reviewed by plasa busana on Oktober 29, 2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.