Blogger templates

banner image

About

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED
Seperti kita tahu kini teknologi semakin canggih, hadir sesuatu hal yang baru datang dengan penyempurnaan sehingga kualitasnya semakin baik, seperti tren lampu yang memiliki kepanjangan Light Emiting Diode disingkatnya LED yang sudah mulai digunakan pabrikan Sepeda Motor baik di Indonesia maupun seluruh dunia.
Lampu bohlam atau Bulp yang sering di pakai sebagai penerangan kini semakin ditinggalkan, karena sudah hadir LED yang lebih efektif; lebih ramah lingkungan, lebih terang, lebih tahan lama dan lebih hemat daya, sungguh sudah banyak lebihnya.. kurang lebih itu cuplikan kelebihan daripada lampu LED, tapi disini kita akan membahas detail beserta dengan kelemahan atau kekuranganya karena lampu jenis ini bukan tanpa kekurangan. Yuk kita bahas!


Sekarang kita akan membahas kelebihanya dulu, dan pembanding adalah jenis lampu generasi sebelumnya yakni lampu Bohlam.
Kelebihan Lampu LED
1. Lebih Terang
Menurut ensiklopedi dari Wikipedia, Lampu LED Merk Sharp dibuat dengan chip berbahan semikonduktor yang diisi penuh hal inilah menurut BlogOtive karena tersusun dari partikel-partikel kecil inilah membuat sinarnya merata dan membuat pencahayaan lebih terang, realitanya memang seperti itu, sinar LED lebih terang daripada Bohlam.

2. Lebih Hemat Daya
Karena sistem penghasil cahaya Lampu LED Merk Sharp dan Bohlam itu berbeda yakni jika LED adalah chip diisi penuh dan berbahan semikonduktor, sementara Bohlam adalah aliran listrik yang memanaskan filamen sehingga filamen memancarkan cahaya, selain untuk menghasilkan cahaya, daya untuk bohlam juga untuk menghasilkan panas, jadi lebih boros jika dibandingkan dengan LED.

3. Lebih Tahan Lama
Lagi-lagi kembali ke sistem Bohlam menghasilkan cahaya, akan ada masa dimana filamen tidak bisa dipanaskan lagi sehingga tidak bisa memancarkan cahaya, usia filamen dengan sistem ditempa panas lebih pendek daripada semikonduktor yang dipakai untuk pembuatan lampu LED.

4. Objek yang disinari punya warna yang lebih realistis
Karena biasanya sinar LED berwarna terang dan netral (putih), sinar yang dipancarkan seperti sinar matahari pada siang hari, jadi jika terkena objek maka warna yang dihasilkan akan realistis seperti warna sebenarnya, berbeda dengan bohlam yang lebih ke warna filamen, biasanya kekuning-kuningan.

Kekurangan Lampu LED

1. Tidak bisa menembus Kabut
Lampu LED memiliki kelemahan tidak bisa menembus kabut dan asap, selain warnanya yang netral, partikel LED yang detail dan merata membuat sinar malah menuju ke kabut/asap dan tidak bisa menembusnya untuk fokus ke objek yang lebih jauh (tergantung ketebalan asap juga), berbeda dengan bohlam yang memang tercipta dari mulanya panas.

2. Sinarnya cinderung lebih menyilaukan
Jika kita bertatap muka dengan lampu LED, sinarnya cinderung lebih silau daripada bertatap dengan Bohlam. Jika sesama motor berpenerangan LED bertemu, maka yang terjadi adalah saling merugikan.. hehe.
3. Harga dan komponen pendukung relatif lebih mahal
Harga LED lebih mahal daripada Bohlam, ya mungkin jika dibandingkan dengan usia kedua lampu tersebut mungkin harga LED bisa untuk menebus ke-tidak awetan Bohlam, tapi komponen yang mahal dari LED adalah reflektornya yang bekerja mengarahkan cahaya sesuai sasaran yang dituju, masdab bisa bandingkan sendiri headlamp motor bohlam dengan headlamp motor LED.
Mungkin itu dia bahasan kita untuk Artikel Ringan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED versi BlogOtive, maaf jika penyampaian kurang bisa dipahami atau alasan yang mungkin tidak masuk akal tapi pada intinya itulah yang terjadi dan ini bukanlah tulisan expert, hanya berdasarkan analisa dan pengalaman saja dalam membandingkan sinar Bohlam dan LED. Semoga bermanfaat!
Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Reviewed by plasa busana on November 18, 2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.